PEMBINAAN SATLINMAS

25 Juni 2024
admin
Dibaca 11 Kali
PEMBINAAN SATLINMAS

Waringinsaritimur-pringsewu.desa.id- Pembinaan Satlinmas , Senin (24/06/2024).

Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih Kabupaten  Pringsewu mengadakan pembinaan bagi anggota Linmas. Pembinaan ini untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi Linmas. Pelatihan dan pemberdayaan Linmas digelar di Balai  Pekon Waringinsari Timur mulai pukul 08.30 WIB.

Kegiatan pembinaan Satlinmas ini diikuti oleh anggota Linmas.Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada anggota tentang tugas dan fungsi Linmas. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bapak Kapolsek Sukoharjo, Babinkamtibmas, Pendamping Desa, Camat  Adiluwih dan Aparatur Pekon Waringinsari Timur.

Menurut  Bapak Kapolsek Sukoharjo Satlinmas adalah satuan perlindungan masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan Pemilu. Selain itu, Satlinmas juga mempunyai beberapa fungsi, yakni membantu memelihara dan meningkatan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa, pungkasnya

Bapak Kapolsek Sukoharjo selaku Kepala Bidang Linmas Satpol PP kabupaten Gunungkidul menyatakan Satuan Perlindungan Masyarakat (LINMAS) bertugas membantu dalam rangka penanggulangan kebencanan, ketentraman dan ketertiban umum, kegiatan sosial kemasyarakatan, pemilu serta membantu upaya pertahanan Negara Republik Indonesia. Diharapkan dengan adanya fasilitasi pembekalan dapat mendukung ketugasan   LINMAS  yang akan datang.

Bapak Kapolsek Sukoharjo menambahkan Selain itu linmas juga mempunyai beberapa fungsi diantaranya membantu dan memelihara meningkatkan kondisi serta tata tertib dikalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang mengakibatkan kerugian jiwa. Mengapresiasikan kepada anggota linmas meskipun sudah tua tapi tetap semangat dalam menjalankan tugasnya. Ketugasan Linmas inti sebenarnya melebihi tugas Polisi.

Selanjutnya pemberian materi wawasan kebangsaan oleh Babinkabmas  Riayan Fikri yang mengupas tentang nilai-nilai bela negara, di antaranya cinta tanah air, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, sadar akan berbangsa dan bernegara serta kerelaan untuk berkorban.

Lukman Hakim selaku Babinsa Pekon Waringinsari Timurmengajak anggota Linmas untuk bekerja secara maksimal dalam mewujudkan keamanan lingkungan dari bahaya peredaran Narkoba.

Dan acara penutup dilakukan dengan latihan baris berbaris oleh babinsa dan babinkamtibmas  Pekon Waringinsari Timur.